Wednesday, September 21, 2011

Kopi Semendo

Pernahkah anda mendengar atau mencoba kopi semendo???????


kopi semendo adalah kopi baik biji ataupun bubuk yang berasal dari dataran tinggi semendo, berada di tataran bukit barisan sumatera selatan, tepatnya di Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan. dulu Semendo atau semende menurut dialek penduduk aslinya, adalah  satu Kecamatan di Kabupaten Muara Enim, saat ini sudah dimekarkan menjadi 3 kecamatan yaitu, Kecamatan Semendo Darat Laut, Semendo Darat Tengah dan Semendo Darat Ulu.
Kopi Semendo ini merupakan salah satu mata pencaharian penduduk selain menanam padi di sawah, jenis kopi yang ditanam umumnya adalah robusta, entah siapa orang yang pertama kali mengenalkan kopi ini ke Kota Palembang hingga kopi semendo ini diminati oleh banyak orang.
kopi semendo mempunyai bau yang khas dan harum mungkin karena diolah secara tradisional, diambil dari buah yang matang, bijinya dijemur hingga kering, disanggrai hingga masak dan ditumbuk halus oleh masyarakat setempat. pada umumnya masyarakat setempat menjual biji kering kepada pengumpul, dan dari pengumpul di bawa kepabrik. namun ada sebagian yang mengolah biji kopi ini untuk di jadikan bubuk yang kemudian dijual kepasar. bagi anda yang sudah pernah mencicipi rasa kopi semendo ini pasti dapat menilai rasa dan kekhasannya.
penjualan kopi semendo paling banyak di Palembang, bila anda tertarik untuk membeli kopi semendo dapat menghubungi 085669260102.




kami menyediakan kopi semendo dalam kemasan 250gr Rp. 30.000 dan Kemasan 500gr Rp. 55.000 bubuk kopi semendo di olah secara tradisional tanpa menggunakan campuran apapun, Selamat Mencoba !!!!

1 comment:

Sinar Basuki said...

mantap nih, saya pernah nyoba...